Warga Desa Pangkalan Gelebak Ucapkan Syukur Atas Dana Desa Bangun Gedung Posyandu hingga Jalan

Selasa, 27 November 2018 | 09.12 WIB

Bagikan:
Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Desa Pangkalan Gelebak, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. (Foto: setneg/jokowi.app)
Editorial.co.idTransformasi pembangunan dilakukan oleh Jokowi. Desa sebagai titik awal pembangunan. Berkat dana desa warga desa mendapatkan banyak manfaat. Salah satu dari ribuan desa yang menikmatinya adalah warga Desa Pangkalan Gelebak, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.


Kegiatan pelayanan pendidikan anak usia dini (PAUD) sebelum ada dana desa yang menumpang di Kantor Desa di Desa Pangkalan Gelebak. Oleh karena itu kegiatan PAUD dilakukan di rumah seorang warga bernama Susilowati.
“Alhamdulillah sejak adanya dana desa itu, gedung PAUD dibangun. Gedung mulai bisa dipakai sejak tahun 2016 sampai sekarang,” kata Tika Putri salah seorang Pendamping Desa.
Bukan hanya gedung PAUD yang dibangun. Kebutuhan masyarakat lain seperti Posyandu juga dibangun. Sebelum adanya dana desa, kegiatan Posyandu dilakukan dilakukan di Balai Desa. Padahal Posyandu melayani kesehatan dan meningkatkan asupan gizi balita.
“Alhamdulillah sejak adanya dana desa itu, gedung Posyandu dibangun. Kini lebih banyak lagi ibu-ibu yang membawa anak-anaknya ke Posyandu,” kata bidan desa Dinda Putri.
Dana desa juga digunakan untuk memberikan bantuan makanan untuk anak-anak balita. Selain itu dana desa juga membantu untuk membeli perlengkapan Posyandu.
“Alhamdulillah, juga dana desa digunakan untuk bantuan setiap triwulan bagi kegiatan Posyandu,” kata Tika Putri salah seorang Pendamping Desa.
Selain itu, dana desa juga digunakan untuk membangun jalan. Jalan yang dibangun ini bermanfaat bagi kelancaran transaportasi ke persawahan dan perkebunan rakyat. Dengan demikian memudahkan mengangkut hasil pertanian.
“Alhamdullilah, manfaatnya banyak yakni untuk pengairan dan pertanian,” kata salah satu petani di Desa Pangkalan Gelebek.
Kucuran dana desa itu masih ditambah lagi dengan adanya Program Padat Karya Tunai (PKT). Termasuk di desa Pangkalan Gelebak, banyak warga desa yang mendapatkan penghasilan tambahan.
Pengelolaan dana desa mulai tahun 2018 wajib dilakukan secara swakelola atau padat karya tunai oleh masyarakat desa Pangkalan Gelebak agar manfaat dari program dana desa dapat langsung dirasakan masyarakat.
Itulah transformasi pembangunan ala Jokowi yang menekankan pada kesejahteraan dimulai dari desa dan pinggiran. Maka Jokowi membangun Indonesia mulai dari desa, hijrah dari paradigma lama membangun dari kota ke desa.

Sumber: jokowi.app
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI